Antara Abu Nawas Dan Raja Harun ArRasyid

Posted on 5 Oktober 2010

4


Abu+Nuwas.gif

Sebagai Umat Islam, tentu kita banyak mengenal kisah2 kelucuan Abu Nawas, yang selalu disusahkan oleh perintah Raja Harun ArRasyid. Dalam kisah itu, diceritakan bahwa Raja Harun ArRasyid ingin menghukum Abu Nawas dengan memberi perintah2 yang mustahil bisa dikerjakan, entah karena Raja lagi marah sama Abu Nawas, atau Raja hanya iseng ingin mencelakakan Abu Nawas.
Pertanyaannya adalah BENARKAH?

Belum lama ini, sesudah kenduri ke-7 hari meninggalnya nenekku dari pihak Ayah, saya berbual2 dengan paman saya, Man Kemat dari wonosari Tanjung Samak, dan abang saudara, H.Din dari Parit Lapis Tanjung Bakau. Kami berbual2 tentang berbagai hal, sampailah pada cerita Abu Nawas.

Menurut pendapat pribadi H.Din, bahwa Abu Nawas dan Raja Harun ArRasyid itu setingkat, dalam arti bahwa walaupun mereka kelihatan bertentangan, walaupun seolah2 Raja Harun ArRasyid membenci Abu Nawas, tapi sebenarnya tidaklah seperti itu. Justru itulah dakwah mereka berdua, dan menunjukkan bagaimana hubungan antara Ulama dan Umara (pemimpin).

Buktinya adalah pada cerita ”Abu Nawas menjual Raja”, Raja koq mau diajak pergi Abu Nawas tanpa pengawal, tentu sebagai Raja ia akan menolak mentah2. Bukti kedua adalah setelah Raja lepas dari para penyekapnya, Raja Harun ArRasyid bertanya pada Abu Nawas, dan Abu Nawas bilang dia hanya ingin Raja melihat bagaimana keadaan rakyatnya. Setelah tahu tujuan Abu Nawas, Raja pun melepas Abu Nawas.

Dari sini kita ketahui, bahwa antara Abu Nawas dan Raja Harun ArRasyid kita ketahui setingkat, lagian Raja Harun ArRasyid terkenal Raja yang alim lho..

Sumber: Kelabang’s Blog
Gambar: noctoc-noctoc.blogspot.com

Posted by Wordmobi

Posted in: Sang Tokoh