Batalnya Shalat Karena sengatan lebah

Posted on 23 Agustus 2010

0


1_sengatan_lebah.jpg

Kemarin, sehabis shalat Qobliyah Isya di Masjid At-Taqwim,pasar Tanjungsamak, tiba2 tanganku sakit seperti tertusuk duri, setelah kulihat, ternyata aku tersengat lebah. Untunglah tersengat lebah setelah shalat, lha kalau pas shalat, pasti batal dong shalatku. Lho koq bisa?

Iya, gara2 tersengat lebah shalat kita batal. Bagi yang sudah tahu, tentu ini ”berita lama”.

Alasannya begini, orang shalat harus bersih/suci dari hadast dan najis, dan yang termasuk najis adalah bangkai. Jadi, jika kita tersengat lebah, maka sengatan lebah akan menempel/tertancap ke tubuh kita. Sengatan lebah termasuk bagian dari lebah yang terlepas, dan itu merupakan bangkai, sama hukumnya seperti ekor cecak yang terlepas, atau sama juga dengan kaki ayam yang masih hidup kita potong. *kejam amat*, itu termasuk bangkai.

Jadi sengatan lebah membatalkan shalat, karena kita terkena najis. Tapi, jika kita sedang shalat, terus tiba2 kita dipatuk ular, shalat kita tidak batal. Lho alasannya apa? Khan najis juga? Alasannya adalah, karena jika ular yang mematuk, bisa ular akan masuk ke dalam tubuh kita, bukan menempel ke tubuh kita. Seperti darah yang ada di dalam kita, itu tidak disebut najis, dalam arti tidak menyebabkan shalat kita tidak sah, karena darah ada di dalam tubuh kita.

Kali ini itu aja obrolan kita kali ini, semoga berguna bagi kita. Amien…

Wallahu A’lam.

Gambar: http://www.indonesiaindonesia.com.

Posted by Wordmobi

Posted in: Hukum Fiqh