Bertemu Tuhan Atau Hantu ?

Posted on 15 Juli 2010

2


Oleh: Katedra Rajawen
alam1.jpg

Keyakinan, melahirkan sebuah keimanan. Keimanan akan menciptakan Tuhan! Bila demikian, apakah manusia yang menciptakan Tuhan???
Saya hanya percaya, bila Tuhan yang menciptakan manusia!

Bagi kita yang hidup beragama, tentulah nama Tuhan bukanlah nama yang asing bagi kita. Karena adanya keyakinan di dalam diri kita akan adanya Tuhan sebagai Sang Maha pencipta. Setiap hari kita menyembah dan memujanya dalam ritual keagamaan yang kita peluk.

Bila tiba-tiba ada yang bertanya, “Pernahkah Anda bertemu Tuhan???”
Tentunya reaksi masing-masing orang akan berbeda, tergantung pemahamannya.

Kemungkinan ada yang mengatakan, belum pernah. Namun kemungkinan juga akan memberikan jawaban-jawaban yang mengambang atau bahkan ada yang gelagapan. Mungkin hanya beberapa dari kita yang dengan yakin mengatakan, pernah. Tapi saya lebih yakin kebanyakan diantara kita pasti akan menjawab, “Belum Pernah!!!”

Bila demikian, akan timbul pertanyaan, “Bila belum pernah bertemu, mengapa Anda begitu yakin PadaNya?”
Mungkin ada juga yang dengan nada bercanda menjawab, ”Kalau bertemu Tuhan sih belum! Kalau ketemu hantu sering !”

Namun bila ada yang menjawab,”Saya pernah bertemu Tuhan!”
Maka akan timbul pertanyaan, ”Bagaimana rupanya?”
Atau akan menyanggah,”Kamu pasti bohong, mana mungkin kamu bisa bertemu Tuhan ?!”
Bisa juga mengolok-olok,”Pasti kamu sedang berkhayal atau bermimpi!”
“Pasti bukan Tuhan! Jangan-jangan hantu, lagi!!!”

Kemungkinan lain, ada juga yang akan menjawab, ” Saya akan bertemu Tuhan, setelah saya mati nanti. Karena saya akan ke surga dan bertemu Tuhan !”

Nah, bisa dipastikan orang akan tertawa sambil menanyakan, ”Apa kamu yakin akan bisa bertemu? Memang yakin bisa ke surga ?”

Saya juga pernah dengar orang mengatakan, ”Tuhan ada didalam diri saya, jadi setiap hari saya bertemu denganNya !”
“Loh, kok bisa?” Sebuah celetuk bingung.

Bagaimana bila ada yang bertanya pada saya, ” Pernahkah Anda bertemu Tuhan?”
Wah, wah, saya pasti akan bingung setengah mati. Tapi sebelum mati, minimal sedikit saya akan katakan juga, bahwa saya pernah bertemu Tuhan! Saya bertemu dengan Tuhan dalam setiap ciptaanNya yang saya temui.

Boleh percaya, tidak percaya mungkin lebih baik. Mungkin akan lebih tidak percaya lagi, bila saya katakan saya tidak pernah bertemu hantu! Tetapi saya lebih yakin akan sebuah pemikiran, bisa bertemu Tuhan atau hantu, hanya timbul dari sebuah pemikiran saja. Apakah terpikirkan?

Tolong bantu saya memikirkannya. Sebenarnya yang yang lebih penting menjadi perenungan kita adalah, apakah hati kita ini lebih banyak terisi hati Tuhan yang mengasihi atau hati hantu yang penuh kebencian.

Bila hati ini selalu terisi oleh hati yang mengasihi, maka Tuhan akan kita temui. Namun bila hati ini selalu terisi oleh hati yang penuh kebencian, maka hantulah yang selalu kita temui!

Sumber: kompasiana

Posted in: Kabar Muslim