Sorban: semakin besar semakin berilmu

Posted on 26 Mei 2010

0


Ibnhusain,
Tanya:
Assalamualaikum…..
Bib(Habib Munzir AlMusawa.red), guru mulia Alhafidz Almusnid Alhabib Umar bin Hafidz memakai sorban hingga bertingkat apakah ada maknanya….?
Bib, mohon kesediannya Habibana menuliskan tentang sunah Rasulullah dari semenjak kita bangun tidur sampai tertidur lg….
Mohon maaf apabila saya merepotkan Habib….
Wassalam…..

Jawab:
Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,
Kemuliaan Ramadhan, Kesucian Nuzulul Qur’an, Cahaya Keagungan Lailatul Qadr, Keluhuran Badr Alkubra, dan Ijabah pada hari hari shiyam dan qiyam semoga selalu menaungi hari hari anda, Saudaraku yg kumuliakan, sorban hukumnya sunnah, semua muslim boleh memakainya, namun
sebagian ulama kita menjadikan sorbannya lebih besar sebagai tanda bahwa ia siap ditanya dan memberi kejelasan atas hukum dan syariah, semakin besar sorbannya maka
semakin luas ilmunya.

Habib Munzir AlMusawa.jpeg Habib Umar bin Hafidz.jpeg

Guru Mulia membolehkan kita memakai sorban sepanjang 5 hasta, jika sudah menjadi guru atau pimpinan pesantren atau pemuka agama boleh ditambah. namun tentunya tidak ada dari kita berani memakai sorban sebesar beliau Nabi Muhammad saw yg sudah merupakan samudra ilmu bagi kita.

Mengenai sunnah dalam keseharian saudaraku, masya Allah, ribuan jumlahnya, saya tak mampu menampilkannya. Namun secara mudahnya amalkan sunnah yg anda ketahui, dan sisanya semua perbuatan baik adalah sunnah Rasul saw, kecuali hal yg fardhu maka hukumnya (tetap.red) fardhu tentunya.

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita.
Wallahu a’lam.

Sumber: Majelis Rasulullah